Kamis, 22 Mei 2014

CONTOH PROPOSAL SEMINAR PENDIDIKAN


PROPOSAL
 SEMINAR PENDIDIKAN
MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PENERAPAN KURIKULUM TAHUN  2013

1. LATAR BELAKANG
Meningkatkan mutu pendidikan merupakan tugas dari setiap instansi yang terkait dalam dunia pendidikan termasuk masyarakat. Pendidikan adalah syarat yang tak dapat di hilangkankan, karena pendidikan merupakan syarat utama untuk memajukan bangsa dan negara. Berkaitan dengan hal itu maka pemerintah terus memperbaharui undang–undang dalam dunia pendidikan termasuk memperbaharui Kurikulum setiap tahunnya, maka dengan hal demikian seminar ini kami buat untuk membantu pemerintah meningkatkan mutu pendidikan dengan mensosialisasikan Kurikulum 2013.
Pemerintah terus memperbaharui kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman dari waktu ke waktu bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar tidak ketinggalan zaman. Hal inilah yang terkadang membuat masalah bagi setiap sekolah dan guru karena sering tidak mendapatkan informasi yang jelas terhadap kurikulum terbaru setiap perubahannya.
Dengan demikian Seminar ini mengangkat tema tentang  “SEMINAR PENDIDIKAN MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013”.
2. Dasar
1)       UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2)       UU NO.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi
3)       UU NO.14/2005 tentang Guru dan Dosen

3. Tujuan
                Tujuan Penyelenggaraan  seminar adalah sbb:
1)       Meningkatkan Mutu Pendidikan, khususnya melalui penerapan Kurikulum 2013
2)       Meningkatkan pemahaman peserta terhadap Kurikulum 2013
3)       Meningkatkan kemampuan peserta dalam proses pembelajaran
4)       Meningkatkan kualitas Guru di Provinsi Sumatera Selatan
5)       Membantu mensosialisasikan Kurikulum 2013
4.  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal
Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
Ket
Sabtu/
18 Mei 2013

08.00-13.00
AULA UTAMA LANTAI 1 GEDUNG GURU PROVINSI SUMATERA SELATAN PALEMBANG


5. Peserta
Ø           Peserta sejumlah 400 orang yang terdiri dari :
1.        Mahasiswa
2.        Dosen
3.        Guru
4.        Masyarakat pemerhati pendidikan

6. Nara Sumber
Narasumber berasal dari;
A. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
B.Anggota DPD-RI Perwakilan Prov.Sumatera Selatan : Drs.H.Aidil Fitri Syah,MM
C.Native Speaker dari Chit-Chat Library

7. Materi
Bahan materi yang akan disampaikan dalam seminar  mengacu kepada tema seminar “Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Kurikulum 2013

8. Dana Kegiatan
Kegiatan Seminar ini membutuhkan dana sebesar Rp. 26.110.000 (terbilang: dua puluh enam juta seratus sepuluh ribu rupiah) yang berasal dari:
1.        Dana awal panitia
2.        Kontribusi peserta
3.        Donatur yang tidak terikat
4.        Bantuan Universitas PGRI Palembang






Dengan rincian sebagai berikut:
1.        Kontribusi Peserta
-          Mahasiswa           150 orang x @ Rp    50.000,-
-          Umum                  250 orang x @ Rp 100.000,-

Rp 7.500.000,-
Rp 25.000.000,-
Total
Rp 32.500.000,-

PENGELUARAN
A.                  Seksi Kesekretariatan
a.        Penggandaan Proposal
1.        Kertas Foto                      450 Lembar x @ Rp  4.000,-
2.        Tinta Print                      6 kotak         x @ Rp 25.000,-
3.        Kertas A4                         1 Rim           x @ Rp 30.000,-
4.        Lakban Hitam                 3 buah          x @ Rp 13.000,-
5.        Kertas Kambing             50 Lembar   x @  Rp      500,-
6.        Plastik Jilid                     50 Lembar   x @  Rp      500,-
7.        Kertas HVS                     5 Rim            x@  Rp 35.000,-
8.        Buku Tamu                    2 buah          x @  Rp 12.000,-
9.        Print Proposal                60 lembar     x @  Rp   1.000,-
10.     Buku Kwitansi                3 buah          x @  Rp   5.000,-


Rp 1.800.000,-
 Rp 150.000,-
 Rp   30.000,-
 Rp   39.000,-
 Rp   25.000.-
 Rp  25.000,-
 Rp 175.000,-
 Rp    24.000,-
 Rp    60.000.-
 Rp    15.000,-
 Total
 Rp 2.343.000,-
B.                  Seksi Materi dan Seminar KIT
1.              Pena                                  400 x @ Rp 2.000,-
2.              Block Note                        400 x @ Rp 2.500,-
3.              Map                                  400 x  @ Rp 4.000,-
4.              ID Card                             500 x   @ Rp     2.000,-
5.              Souvenir Pembicara          4 x    @ Rp 200.000,-
6.              Souvenir Moderator          3 x    @ Rp 100.000,-
7.              Sertifikat Peserta             500 x @ Rp     5.000,-
8.              CD                                     450 x  @ Rp     5.000,-


Rp    800.000,-
Rp 1.000.000,-
Rp 1.600.000,-
Rp   1.000.000,-
Rp    800.000.-
Rp    300.000,-
Rp 2.500.000,-
Rp    2.250.000,-
Sub Total
Rp 10.250.000,-
C.                  Seksi Publikasi dan Dokumentasi
1.        Liflet                                      600 x @  Rp 500,-
2.        Panflet                                   200 x @  Rp 500,-
3.        Spanduk                              3 buah (1Mx3M) @ Rp 150.000,-
4.        Penyiaran Radio                 2 stasiun radio x @ Rp 300.000,-
5.        Cuci Cetak Foto                 50 lembar          x @ Rp     1.500,-
6.        Iklan Surat Kabar             1                         x @ Rp 3.000.000,-
7.        Kamera dan Video            
8.        Banner                               
Ucapan Selamat Datang  1 buah                 x @ Rp 150.000,-
9.        Transport Sebar Undangan  

Rp    300.000,-
Rp    100.000,-
Rp    450.000,-
Rp    600.000,-
Rp      75.000,-
Rp   3.000.000,-
Rp   .2.000.000,-

Rp    150.000,-
Rp    300.000,-

 Total
Rp 6.975.000,-
D.                 Seksi Konsumsi
1.        Snack
-          MC                          1 orang             x @ Rp 6.000,-
-          Undangan                    30 orang             x @ Rp 6.000,-
-          Pembicara                     7 orang              x @  Rp 6.000,-
-          Moderator                     3orang              x @  Rp 6.000,-
-          Peserta                        400 orang             x @  Rp 6.000,-
-          Panitia                          40 orang             x @  Rp 6.000,-

2.        Air Mineral Cup             4 dus                 x @  Rp 14.000,-
3.        Air Mineral Botol             24 buah               x @  Rp  2.500,-
4.        Buah                                   
5.        Makan Siang
-          Panitia                          40 orang              x @  Rp 15.000,-
-          Pengisi Acara                7 orang               x @ Rp 20.000,-
-           Peserta                         400 orang


Rp 6.000,-
Rp       180.000,-
Rp       42.000,-
Rp         18.000,-
Rp 2.400.000,-
Rp    240.000,-

Rp      56.000,-
Rp    100.000,-


Rp    600.000,-
Rp    140.000,-
Total
Rp 3.601.000,-
E.                  Seksi Perlengkapan dan Tata Ruang
1.        Sewa Aula Lantai    
2.        Transportasi Perlengkapan
3.        Spanduk                                             buah x @ Rp ,-     
4.        Obat-obatan
5.        Pulsa Panitia                             
6.        Tim medis                                      2 orang x @ Rp 100.000,-
7.        Biaya Keamanan           

Rp 1.500.000,-
Rp    300.000,-
Rp       ,-
Rp    100.000,-
Rp    100.000,-
Rp   200.000,-
Rp   150.000,-

Total
Rp 2.385.000,-
F.                  Seksi Kesenian
1.        Sewa Pakaian Tari Gending       3 buah x @ Rp 140.000,-
2.        Make Up                                       3 orang x @ Rp 100.000,-
3.        Sewa Tepak
4.        Sewa Pakaian Tari Kreasi          5 buah x @ Rp 100.000,-
5.        Honor dan transportasi Penari  8 orang x @ Rp   50.000,-

Rp 1.260.000,-
Rp    300.000,-
Rp      35.000,-
Rp    500.000,-
Rp    400.000,-
Total
Rp 2.315.000,-
Total Pengeluaran
1.        Pengeluaran A  Rp    822.500,-
2.        Pengeluaran B  Rp 5.360.000,-
3.        Pengeluaran C  Rp 3.895.000,-
4.        Pengeluaran D  Rp 3.601.000,-
5.        Pengeluaran E  Rp 2.385.000,-
Pengeluaran F  Rp 2.315.000,-
TOTAL PENGELUARAN            
Rp 18.378.500

Total Pemasukan                                                                  = Rp 34.450.000,-
Total Pengeluaran (A+B+C+D+E+F)                 = Rp 18.378.500,-
Total Kekurangan Dana                                                       = Total Pengeluaran – Total Pemasukan
                                                                                                             = Rp 18.378.500,- Rp 34.450.00
                                                                                                             = Rp 16.071.500,-
                                            

9. Kepanitian

PENANGGUNG JAWAB:
Rektor Universitas PGRI Palembang
Dekan Fakultas FKIP
PENASEHAT:
Yusri, M.Pd (Kajur Pendidikan Bahasa dan Seni)
Subhan Puadi, M.Pd (Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)
Drs. Magdad Hatim, M.Hum (Dosen Pengasuh Mata Kuliah)

PANITIA PELAKSANA
Ketua Pelaksana                      : Andri Sutrisno     
Wakil Ketua Pelaksana            : Jefri Ardani
Sekretaris                                                : Ade Irawan
Wakil Sekretaris                      : Rosia Gusti Wilyanda          
Bendahara                                               : Dewana Ayudha S.M
Wakil Bendahara                     : Anike Rahayu


SEKSI KESEKRETARIATAN
Koordinator                             : Lesi Fitri Yanti
Anggota                  : Dedi Saputra
                                                  Ellia Rosa

SEKSI MATERI DAN SEMINAR KIT
Koordinator                             : Mey Sari
Anggota                  : Kristin Lestari
                                                  Margi Selvi. S.P
                                                  Meri Novitasari
                                                  Ria Harmonis



SEKSI PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
Koordinator                             : Ramadhan Yoga Saputra
Anggota                  : Andika Tri Utari
                                                  Krisna Eka Yanti
                                                  Rangga Prasetyo
                                                  Yuma


SEKSI KONSUMSI
Koordinator             : Ni Made Risky Pangestu
Anggota                  : Ana Sutrisnawati
                                                  Asmito

SEKSI PERLENGKAPAN DAN TATA RUANG
Koordinator                             : Jalil Hakimu Hakim
Anggota                  :  Mahyudin
  Sinta Waluyojati
  Sri Atika
  Wawan Nurmansyah
  Yeni Hartati

SEKSI PERSIDANGAN
Koordinator                             : Indah Wati
Anggota                  : Sri Handayani
                                                  Yusmiati
                                                  Indah Okta Wahyuni

SEKSI KESENIAN
Koordinator                             : Dalina
Anggota                  : Atika Sari
                                                  Iis Wulandari
                                                  Nyimas Amalia
                                                  Wahyu
SEKSI KERJASAMA/SPONSORSHIP
Koordinator                             : Inayati
Anggota                  : Dian Puspasari
                                                  Sucianti Oktarina

10. Jadwal Seminar
Pukul
kegiatan
Petugas Pelaksana
Keterangan
07:30-08:30
Registrasi
Panitia

08:30-09:00
Pembukaan
1.        Indonesia Raya
2.        Do’a

3.        Laporan kegiatan
4.        Sambutan Rektor

·         Richa Yolanda
·         Rizky
·         Jalil Hakimu Hakim

·         Andri Sutrisno
·         Dr. H. Syarwani Ahmad, MM


09:00-09:15
Tari “Ya Saman”
 Mahasiswa Sendratasik

09:15-10:15
Sessi 1 : Implementasi Kurikulum 2013 oleh MENDIKBUD
Moderator :
·         Drs. Magdad Hatim, M. Hum

Notulis :
 Dewana Ayudha S.M.
10:15-11:15
Sessi 2 :”Penerapan Kurikulum 2013 untuk Peningkatan SDM di Provinsi SUMSEL”
Moderator :
·         Jefri Ardani
Notulis :
Indah Octa W.
11:15-12:15
Sessi 3 :”The implementation of Curricullum in Language Teaching”
Moderator :
·         Yeni Hartati
Notulis :
Rosia Gusti

12:15-12:30
Penutupan
1.       Laporan Ketua
2.       Penutupan kegiatan secara resmi oleh Rektor
3.       Do’a
4.       Pemberian Piagam kepada Peserta secara Simbolik

·         Andri Sutrisno
·         Dr. H. Syarwani Ahmad, MM
·         Jalil Hakimu Hakim
·         Rektor

12:30-13:00
·      Makan siang
·      Penyerahan piagam
·      Pemutaran  film Anti korupsi dalam dunia pendidikan
Panitia



12. Penutup
Demikian proposal ini kami sampaikan, dengan harapan dapat dijadikan pertimbangan bagi banyak pihak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan. 


                               
Ketua



Andri sutrisno

Sekretaris



Ade irawan



Kajur



Yusri, M.Pd

             Mengetahui/Menyetujui,


Ka. Prodi



Subhan Puadi, M.Pd

BIAYA SEMINAR
RINCIAN
JUMLAH
ANGGARAN
Honor pembicara

Sewa Kamar Hotel

Stampel dan tinta

Map

Kertas sertifikat

Spanduk

Id card panitia dan peserta

Foto kopi brosur

Kwitansi

Kertas A4

Spidol

Note

Snack

Makan siang

Tas / map

Penghargaan pembicara

Dokumentasi

Sewa gedung dan lainnya
Publikasi
Transport


3 orang

3 Orang

2 pasang

50 buah

500 buah

2 buah

500 buah

500 buah

2 buah

1 rem

5 buah

500 buah

500 orang

500 orang

500 orang

3 orang

3 kamera

1 gedung
Sumek
5 motor
Rp.4.500.000

Rp 4.000.000

Rp 30.000

Rp 250.000

Rp 250.000

Rp 50.000

Rp 150.000

Rp 100.000

Rp 10.000

Rp 40.000

Rp 30.000

Rp 1.000.000

Rp 2.500.000

Rp 6.000.000

Rp 2.500.000

Rp 450.000

Rp 1.000.000

Rp 2.000.000
Rp.1.000.000
Rp 250.000

Jumlah

Rp 26.110.000

11 komentar: